Manfaat daun iler

22 May 2013

Manfaat daun iler Tanaman iler (Coleus Scutellarioides, Linn, Benth) merupakan tanaman herbal yang kaya akan manfaat, khasiat daun iler dibidang kesehatan sangat banyak sekali, khususnya dibidang kesehatan.
Manfaat daun iler sebagai tanaman obat sebenarnya sudah dikenal sejak zaman dahulu, kandungan gizi dan vitamin yang terdapat didalam daun iler diyakini mampu untuk mengobati penyakit yang sedang kita derita, baik itu penyakit dalam maupun penyakit luar.
Berikut ini adalah beberapa manfaat daun iler untuk mengobati beberapa jenis penyakit dan cara mengolahnya menjadi obat tradisional, yaitu :

  1. Ambien
    Ambil 17 lembar daun iler, 7 lembar daun ngokilo dan 3 rimpang umbi kayu 3 cm, cuci sampai bersih kesemua bahan ramuan tersebut, lalu rebus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Minum 1 kali sehari dengan dosis 1 gelas.
  2. Bisul
    Ambil daun iler dan minyak kelapa secukupnya, olesi permukaan daun iler dengan minyak tersebut, kemudian panggang, selagi hangat gunakan untuk menempelkan kebagian tubuh yang bisul
  3. Diabetes melitus
    Ambil tumbuhan iler (daun, batang dan bunga), adas polawaras secukupnya. Kesemua bahan ramuan tersebut rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Minum air ramuan tersebut 2 kali sehari 1/2 gelas. pagi dan sore
  4. Demam
    Ambil 1 potong daun dan batang iler cuci sampai bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya berkurang menjadi 2 gelas. minum dua kali sehari 1/2 gelas.

Demikianlah pembahasan Khasiat daun alami kali ini tentang manfaat daun iler untuk kesehatan, semoga pembahasna kali ini tentang manfaat daun iler akan menambah pengetahuan kita akan jenis-jenis tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan.


TAGS daun iler


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post